Bikin Merinding! Begini Sejarah Tersembunyi Stasiun Terbesar Kedua di Eropa yang Lama Tak Berpenghuni

Stasiun kereta api adalah tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang yang menggunakan jasa transportasi kereta api. Selain stasiun, pada masa lalu dikenal juga dengan halte kereta api yang memiliki fungsi nyaris sama dengan stasiun kereta api. Untuk daerah/kota yang baru dibangun mungkin stasiun portabel dapat dipergunakan sebagai halte kereta. Di negara-negara maju hampir semua tempat memiliki stasiun kereta api, termasuk di perbatasan Prancis-Spanyol

Di kaki pegunungan Pyrenees perbatasan Prancis-Spanyol terdapat stasiun kereta api yang begitu luas. Stasiun ini dibangun dari besi dan kaca. Bangunan art nouveau stasiun itu membentang sepanjang seperempat kilometer dan depannya dihiasi lebih dari tiga ratus jendela.

Di dalam gedung itu pernah ada hotel mewah, rumah sakit, restoran dan tempat tinggal petugas bea cukai. Selain platform dan bangunan utama, terdapat sebuah depot lokomotif besar, dua gudang untuk pengiriman barang antara kereta Prancis dan Spanyol, berbagai bangunan luar lainnya dan tata letak trek yang luas. Stasiun itu dijuluki “Titanic of the Mountains”.

Stasiun Kereta Api Internasional Canfranc adalah bagian dari rencana yang lebih besar untuk membuka perbatasan antara Spanyol dan Prancis. Stasiun ini memungkinkan lebih banyak dugunakan untuk jalur perdagangan dan perjalanan internasional. Proyek ambisius ini melibatkan lusinan jembatan dan serangkaian terowongan yang dibor melalui pegunungan. Mimpi itu akhirnya menjadi kenyataan pada tahun 1928, ketika Raja Spanyol Alfonso XIII dan Presiden Prancis Gaston Doumergue meresmikan stasiun kereta api yang baru dibangun tersebut Stasiun kereta api ini diklaim terbesar kedua di Eropa.

  • December 6th, 2017

    Ryan Dakota

Close [x]
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==